facebook facebook linkedin google plus yahoo journal google translate youtube

Pages

Minggu, 02 Juni 2013

Perpustakaan dan Pacaran


   perpustakaan dan pacaran


Bab 1


1. Pendahuluan 

   Di zaman era globalisasi ini perkembangan yang ada di dunia ini semakin maju, begitu juga pada perpustakaan , yang semakin canggih di dampingi teknologi infirmasi dengan fasilitas internet, dengan internet semua informasi bisa di akses kapanpun dan dimanapun kita berada. perpustakaan ialah sesuatu ruang yang digunakan untuk menyimpan literasi informasi seperti buku, majalah, jurnal, bibliografi, index ataupun non buku lainnya yang disusun secara sistematis menurut kasifikasinya agar mudah di temukan kembali.
pada perkembangan sekarang ini juga tak lupa dengan istilah pacaran , pacaran sekarng ini merupkan hal yang sangat disukai dan di idam-idamkan oleh kenyakan orang khususnya pada anak muda (mahasiswa) yang sedang ada pada masa pencarian pasangan hidup. pacaran adalah serangkaian aktivitas bersama yang diwarnai keintiman ( seperti adanya rasa kepemilikan  diri ) serta adanya keterikatan emosi antara pria dan wanita yang belum menikah dengan tuhuan untuk saling mengenal dan melihat kesesuaian antara satu sama lain.

  2. Rumusan Masalah 
  1. akan membahas tentang perpustakaan ?
  2. bagaimana pemanfaatan perpustakaan sebagai media pembelajaran ?
  3. bagaimanakah bila perpustakaan di gunakan sebagai tempat pacaran ? 


Bab II
Pembahasan 


1. Perpustakaan

       perpustakaan, sudah tidak asing lagi pada pendengaran dan penglihatan kita, perpustakaan memang dari zaman dulu sudah lahir di dunia. perpustakaan merupakan tempat kumpulan-kumpulannya ilmu pengetahuan. perpustakaan ialah sesuatu ruang yang digunakan untuk menyimpan literasi informasi seperti buku, majalah, jurnal, bibliografi, index ataupun non buku lainnya yang disusun secara sistematis menurut kasifikasinya agar mudah di temukan kembali. dengan adanya perpustakaan orang-orang bisa mengakses pengetahuan-pengetahuannya dengan membaca, karena membaca merupakan jendelanya dunia. dengan membaca kita bisa mengetahui apa yang selama ini belum pernah terpikirkan di otak kita.
Agar bisa berjalan dengan baik perpustakaan harus ada yang mengelola yaitu pustakawan. dengan adanya pustakawan perpustakaan akan bisa berjalan dengan baik. di dalam perpustakaan terdapat berbagai macam layanan diantaranya : layanan sirkulasi yang terdiri peminjman dan pengembalian, layana referensi dsb. perpustakaan identik dengan layanan. tidak ada layanan maka tidaka ada pula perpustakaan. dengan begitu pemustaka akan merasa senang jika pelayanan yang diberikan benar-benar bisa memuaskan apa yang mereka butuhkan dan mereka inginkan. dengan begitu pemustaka suka untuk berkunjung ke perpustakaan.


2. Pemanfaatan Perpustakaan sebagai sumber pembelajaran
Berdasarkan pasal 1 undang-undang No. 43 tahun 2007 tentang perpustakaan, di jelaskan bahwa perpustakaan adalah institusi pengelola koleksi karya tulis, karya cetak, ataupun rekaman secara profesional dengan sistem yang baku guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi dan rekreasi para pemustaka. dengan tujuan untuk memberikan layanan kepada pemustaka, meningkatkan kegemaran membaca, serta memprluas wawasan dan pengetahuan untuk mencerdaskan bangsa. 
Dalam rangka memanfaatkan perpusatakaan sebagai sumber belajar, maka diperlukan keterampilan-keterampilan seperti berikut: 
1. Keterampilan mengumpulkan informasi, di antaranya:
·                Mengenal sumber informasi dan pengetahuan, Menentukan sumber  informasi              berdasarkan sistem klasifikai perpustakaan, cara menggunakan katalog dan indek, Menggunakan bahan pustaka baru, bahan referensi seperti ensiklopedi, kamus, buku dan lain sebagainya.
2. Keterampilan mengambil intisari dan mengorganisasikan informasi, seperti: Keterampilan menganalisis, menginterpretasikan  dan mengevaluasi informasi, Memahami bahan yang dibaca, Membedakan fakta dan opini, Menginterpretasikan informasi baik yang mendukung atau yang berlawanan
3.  Keterampilan menggunakan informasi, di antaranya:
·         memanfatkan intisari informasi untuk mengambil keputusan dan memecahkan masalah
·         memanfaatkan informasi dalam diskusi, menjadikan informasi dalam bentuk tulisan.
         
s  Salah satu kegiatan belajar adalah membaca. Dan membaca merupakan alat untuk memperoleh pengetahuan dan kesenangan bagi orang yang melek huruf. Pengetahuan dan pengalaman tersebut kemudian disimpan dalam bentuk tulisan. Perintah untuk membaca dan menulis telah tegas dijelaskan dalam al-Qur’an  surat Al-Alaq ayat 1-5, yang artinya sebagai berikut :
      Bacalah dengan menyebut nama Tuhanmu yang Menciptakan , Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah, Bacalah dan Tuhanmu yang maha pemurah, yang mengajar manusia dengan perantaran kalam, Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahui (QS. al 'alaq : 1-5).
     
     3. perpustakaan di gunakan sebagai tempat pacaran.
    

   perpustakaan pada era sekarang ini telah menjadi  tempat  favorit untuk berpacaran, bagaimana tidak,pada umumnya orang di indonesia ini belum mau dan malas untuk pergi ke perpustakaan. di sebabkan beberapa alasan di antaranya karena pustakawannya ketika memberikan layanan tidak ramah (galak, judes dsb), tidak bisa mengikuti perkembanhan zaman dengan tidak memenuhi kebutuhan pengguna dan untuk para pelajar sekarang seringkali lebih memilih mencari informasi secara instan, sehingga para pemustaka malas ke perpustakaan. dengan keadaan yang sepi pengunjung maka perpustakaan di jadikan tempat bolos, ketemuan dan bahkan pacaran. 
       padahal perbuatan yang seperti itu secara tidak disadari akan merusak citra perpustakaan itu sendiri bahkan sekolah ataupun universitas. penialaian orang terhadap perpustakaan yang awalnya di sanjung-sanjung menjadi omongan yang tidak baik.
     Agar peprustakaan dapat di gunakan dengan baik dan banyak di kunjungi maka pustakawan harus memberikan ketegasan kepada pemustaka bakwasannya perpustakaan akan memberikan paelayanan yang ramah linkungan, menyediakan koleksi yang sesuai dengan kebutuhan dan perpustakaan memberikan progam keamanan agar tidak terjadi hal-hal yang kurang baik, seperti CCTV dsb.
      
a     

Bab III
Penutup
       kesimpulan 
    Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa  perpustakaan merupakan tempat kumpulan-kumpulannya ilmu pengetahuan. perpustakaan ialah sesuatu ruang yang digunakan untuk menyimpan literasi informasi seperti buku, majalah, jurnal, bibliografi, index ataupun non buku lainnya yang disusun secara sistematis menurut kasifikasinya agar mudah di temukan kembali. membaca merupakan alat untuk memperoleh pengetahuan dan kesenangan bagi orang yang melek huruf. Pengetahuan dan pengalaman tersebut kemudian disimpan dalam bentuk tulisan. Perintah untuk membaca dan menulis telah tegas dijelaskan dalam al-Qur’an  surat Al-Alaq ayat 1-5, yang artinya sebagai berikut. :  
      Bacalah dengan menyebut nama Tuhanmu yang Menciptakan, Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah, Bacalah dan Tuhanmu yang maha pemurah, yang mengajar manusia dengan perantaran kalam, Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahui (QS. al 'alaq : 1-5).




  
           sumber
 
   http://djawahir.wordpress.com/2011/03/12/pengantar-ilmu-perpustakaan-2/


0 komentar:

Posting Komentar